Cara Atasi Asam Lambung Naik dan Mengenal Penyebabnya

Gangguan asam lambung memang bisa terjadi pada siapa saja baik itu muda maupun tua. Masalah kesehatan tersebut agaknya juga bukan sesuatu yang dapat disepelekan. Bahkan bisa jadi masalah serius jika seandainya terjadi secara berlarut-larut.

Di Indonesia sendiri masalah kesehatan, khususnya yang terjadi pada lambung biasanya menyerang pada anak-anak sampai dengan orang-orang di usia produktif, karena terlalu stres belajar maupun bekerja. Padahal jika berbicara mengenai faktor penyebabnya sendiri juga beragam, termasuk diantaranya bisa karena pola hidup yang kurang sehat.

Berikut ini diantaranya ada penyebab serta cara untuk mengatasi asam lambung naik, yaitu:

  1. Kebiasaan buruk saat makan dan setelah makan, sebut saja diantaranya makan langsung dalam porsi yang besar sehingga menyebabkan sistem pencernaan menjadi bermasalah, begitu juga kebiasaan langsung tidur atau berbaring setelah makan akan membuat tekanan di perut sehingga menyebabkan asam lambung naik.
  2. Obesitas, orang-orang yang punya berat badan berlebih lemak yang ada di area perut tersebut nantinya akan membuat tekanan pada lambung serta menyebabkan isi lambung menjadi naik hingga kerongkongan.
  3. Kebiasaan ngemil atau makan sebelum tidur.
  4. Konsumsi beberapa jenis makanan tertentu, seperti diantaranya adalah makanan dengan cita rasa asam, pedas sampai dengan kafein yang memang cepat menyebabkan peningkatan asam lambung di perut.
  5. Kebiasaan mengonsumsi alkohol, kopi sampai dengan minuman bersoda juga membuat Kamu mudah mengalami asam lambung.
  6. Merokok.
  7. Kondisi-kondisi kesehatan tertentu, misalnya sedang terkena infeksi lambung atau penyakit kanker.

Lalu bagaimana cara atasi asam lambung naik tersebut? berikut ini upaya-upaya yang dapat dilakukan, yaitu:

  1. Mengurangi porsi makan Anda, lebih baik makan sedikit namun lebih sering dibandingkan makan langsung dalam porsi berlebih. Ini akan membantu lambung Kamu agar bekerja lebih optimal dalam mencerna makanan, serta tidak akan mempererat organ tersebut.
  2. Menghindari makanan-makanan tertentu yang dapat memicu asam lambung, seperti yang disebutkan di atas bahkan memang ada beberapa kategori makanan yang dapat meningkatkan produksi asam lambung, diantaranya adalah makanan dengan cita rasa asam, pedas sampai dengan makanan berlemak serta kafein.
  3. Hindari minuman-minuman tertentu, selain makanan maka beberapa jenis minuman juga harus dihindari untuk mengatasi asam lambung, seperti diantaranya adalah alkohol, kafein sampai dengan minuman berkarbonasi.
  4. Hindari kebiasaan langsung berbaring atau bahkan tidur setelah makan, untuk mencegah tekanan pada area perut yang justru hanya akan mengendurkan sfingter atau otot pada esofagus Anda, sehingga membuat asam lambung jadi lebih mudah keluar atau naik.
  5. Berhenti dari kebiasaan merokok, karena selain tidak bagus untuk pencernaan, maka rokok juga beresiko tinggi menyebabkan gangguan kesehatan yang lainnya.
  6. Turunkan berat badan, bagi yang mengalami obesitas atau kegemukan, maka upaya yang bisa Kamu coba untuk mengatasi masalah tersebut diantaranya adalah dengan menurunkan berat badan, ini sangat efektif membantu mengatasinya.
  7. Konsumsi obat untuk meredakan asam lambung, ada beberapa kategori obat yang efektif untuk mengatasi penyakit asam lambung ini, diantaranya adalah antasida H2 blocker sampai dengan penghambat pompa proton yang memang bisa meredakan asam lambung atau GERD.

Dapatkan obat untuk mengatasi gangguan asam lambung ini secara mudah di pasaran adalah dari Promag, mengingat pada dasarnya obat tersebut diperjualbelikan secara bebas di pasaran. Kandungan yang ada didalamnya juga terbukti efektif serta aman digunakan.